MODUL
PENATAAN BARANG DAGANGAN
A. Pendahuluan
Majunya suatu
usaha sangat berhubungan dengan manajemen bisnis, sedangkan laju pertumbuhan
suatu perusahaan dipengaruhi oleh banyak hal seperti usaha pengembangan produk
baru, konsep penjualan (sales concept) dan konsep pemasaran (marketing
concept), oleh karena itu dalam kegiatan sales concept dan marketing concept
tidak terlepas dari kegiatan promosi (sales promotion) dan kegiatan
display, sales promotion merupakan hal untuk mempromosikan barang secara
langsung agar menarik minat calon pembeli terhadap produk yang dipromosikan.
Komunikasi
peritel dengan pelanggannya tidak selalu menggunakan media massa seperti dengan
suara di radio, dengan tulisan dan gambar seperti di majalah dan koran, ataupun
dengan media suara dan gambar seperti di televisi. Komunikasi dapat terjadi
melalui gambaran visual, lay out maupun display produk di dalam toko.
Komunikasi visual adalah komunikasi perusahaan ritel atau toko dengan
konsumennya melalui wujud fisik, seperti identitas toko, lay out dan display
maupun in-store communication. Dalam hal ini display merupakan suatu
peragaan untuk mempengaruhi konsumen melalui demontrasi pemajangan barang
sehingga memperoleh kesan tersendiri bagi konsumen (semi personal). Salah satu
penentu keberhasilan dalam bisnis ritel adalah cara mendisplay produk dengan
benar. Sistem display berkaitan erat dengan jenis barang, ukuran, warna, rasa,
kemasan, bentuk penataan, dan seterusnya
B.
Definisi
Display.
Menata barang dagangan dikenal dengan banyak istilah diantaranya
yaitu : display, visual merchandising, merchandise presentation dan lain
sebagainya. Sedangkan pengertian display menurut para ahli dapat diuraikan
sebagai berikut:
- Ngadiman
(2008 : 329) menyatakan bahwa Display: tata letak barang dengan memperhatikan
unsur pengelompokan jenis dan kegunaan barang, kerapihan dan keindahan
agar terkesan menarik dan mengarahkan konsumen untuk melihat, mendorong,
dan memutuskan untuk membeli.
- Menurut Buchari Alma
(2004:189) adalah sebagai berikut “ Display ialah
keinginan membeli sesuatu yang tidak didorong oleh seseorang, tapi
didorong oleh penglihatan ataupun oleh perasaan lainnya.”
Dengan demikian
display dapat di definisikan sebagai kegiatan dari suatu perusahaan untuk
memajangkan barang dagangan baik dalam ruangan maupun diluar luar ruangan untuk
dapat mempengaruhi calon konsumen secara langsung maupun tak langsung terhadap
barang yang akan dijual.
C. Pentingnya Penataan Barang Dagangan
(Display)
Mengapa Perlu Penataan Barang ? Salah satu alasannya adalah
karena jumlah pencapaian penjualan mencerminkan dampak dari program penataan
barang yang kita lakukan. Kita harus yakin bahwa dengan penataan barang yang
baik ( terencana – terorganisir, kreatif, informatif dan komunikatif ) maka
akan menghasilkan penjualan yang maksimal, dengan penataan barang yang baik,
memudahkan konsumen menentukan barang yang dicari serta menciptakan suasana
nyaman dalam berbelanja.
D. Jenis-jenis Display.
Secara umum display dapat dibagi
menjadi tiga, yaitu :
- Window display
Window display adalah pemajangan barang dagangan di etalase
atau jendela kegiatan usaha atau mmajangkan barang-barang, gambar-gambar kartu
harga, simbol-simbol, dan sebagainya dibagian depan toko yang disebut etalase.
Tujuan window display adalah untuk menarik minat konsumen sekaligus menjaga
keamanan barang dagangan.window display hanya memperlihatkan barang dagangan
yang ditawarkan saja, tanpa dapat disentuh oleh konsumen, sehingga pengamanan
menjadi lebih mudah. Bila konsumen ingin mengetahui lebih lanjut, maka ia
dipersilahkan untuk masuk lebih memperjelas pengamatannya.
Fungsi window display adalah:
·
Untuk
menarik perhatian konsumen
·
Memancing
perhatian terhadap barang barang yang dijual di toko
·
Menimbulkan
impulse buying ( dorongan seketika)
·
Menimbulkan
daya tarikterhadap keseluruhan suasana toko
·
Menyatakan
kualitas barang yang baik dan ciri khas toko tersebut
2. Interior Display
Interior display adalah pemajangan
barang dagangan di dalam toko. Interior display banyak dipergunakan untuk
barang-barang yang sudah dikenal luas oleh masyarakat. Interior display terdiri
dari :
a) Open Interior Display
Adalah penataan barang dagangan di dalam kegiatan usaha
dimana barang diletakkan secara terbuka sehingga konsumen dapat melihat, dan
mengamati tanpa bantuan petugas penjualan (pramuniaga), misalnya self display,
island display (barang-barang diletakkan diatas lantai dan ditata dengan baik
sehingga menyerupai pulau-pulau).
Kelebihan dari open interior display
antara lain;
1) Barang dagangan dapat dijual dengan
cepat (fast moving)
2) Pemilik toko dengan mudah mengadakan
perubahan susunan display apabila sewaktu waktu diperlukan.
3) Alat alat yang dipakai untuk
mendisplay barang barang relatif sederhana,
Secara umum syarat barang barang
yang dapat di display dengan system open interior adalah:
1) Barang barang yang lama lakunya
(slow moving)
2) Barang barang yang ingin cepat habis
terjual (fast moving)
3) Barang barang yang dibeli atas
dorongan kata hati (impulse buying)
Gambar: Open Interior Display
produk fresh Gambar Open Interior Produk Fashion
Gambar Open interior Display Produk
Supermarket dan Island Display
Gambar Open Interior Display : Floor Display
b) Close Interior Display
Adalah penataan barang dagangan di dalam kegiatan usaha
dimana barang diletakkan dalam tempat tertentu, sehingga konsumen hanya dapat
mengamati saja. Bila konsumen ingin mengetahui lebih lanjut, maka ia akan minta
tolong pada wiraniaga untuk mengambilkannya.
3. Architectural display
yaitu menata gambar yang menunjukkan gambaran mengenai
penggunaan barang yang diperdagangkan, misalnya ruang tamu, mebeleur, bed set di
kamar tidur.
4. Store sign and decoration
Merupakan simbul, tanda, poster,
lambang, gambar, dan semboyan yang diletakkan diatas meja atau digantung dalam
ruangan toko, store sign digunakan untuk memberi arah kepada calon pembeli ke
arah barang dagangan dan memberi informasinya mengenai kegunaan barang
tersebut, decoration pada umumnya digunakan dalam acara acara khusus ,sepoerti
pada hari raya, natal dan menyambut tahun baru.
5. Dealer display
Dealer display merupakan simbol,
petunjuk-petunjuk mengenai penggunaan barang yang dibuat oleh produsen,
simbol-simbol tersebut seakan-akan memberi peringatan kepada pramuniaga agar
tidak memberikan informasi yang tidak sesuai atau tidak benar.
Eksterior Display
Eksterior display adalah pemajangan barang dagangan di
tempat tertentu di luar kegiatan usaha yang biasa digunakan. Pemajangan sistem
ini banyak digunakan untuk promosi barang, pengenalan produk baru, penjualan
istimewa seperti cuci gudang, discount dan sejenisnya. Untuk pemasaran secara
tetap pemajangan sistem ini kurang optimal karena kelemahan faktor pengamanan,
cuaca, pengiriman barang dan sebagainya. Intinya, eksterior display hanya tepat
dipergunakan untuk kondisi penjualan tertentu.
Fungsi Eksterior display adalah;
1) Memperkenalkan produk denngan cepat
dan ekonomis
2) Membantu mengkoordinir advertising
dan merchandising
3) Membangun hubungan yang baik dengan
masyarakat,seperti pada waktu Hari Raya ,ulang tahun dan sebagainya
4) Mendistribusikan barang ke konsumen
dengan cepat.
6.
Solari
display
Solari display yaitu
menempatkan barang dagangan di bagian Depaertement Store sebagai daya tarik
bagi konsumen setelah masuk kedalam toko, misalnya pakaian yang digunakan oleh
boneka model (menequin). Baik dengan open interior display, maupun dengan
closed interior display, barang dagangan itu perlu diatur, ditata, disusun
sedemikian rupa, agar para konsumen atau para pelanggan dapat tertarik dan
berminat mau membelinya. Banyak cara yang dilakukan para pengusaha untuk
memikat, merangsang agar barang dagangannya banyak diminati, disenangi para
konsumen dan para pelanggan. Salah satu cara untuk memajukan barang
dagangannya, diantaranya dengan ikut serta menyelenggarakan pameran. Pameran
(exhibition) adalah salah satu cara promosi barang dagangan dengan melalui
pameran khusus.
E. Tujuan dan Fungsi Penataan Produk
Display produk merupakan suatu
promosi yang sangat mempengaruhi daya tarik dan minat pelanggan untuk membeli
sebuah produk disebuah toko. Penataan produk memiliki tujuan, yaitu:
1.
Attention and interest
Attention and interest artinya
menarik perhatian pembeli dengan cara menggunakan warna-warna, lampu-lampu dan
sebagainya.
2.
Desire and action customer
Desire and action costumer artinya
untuk menimbulkan keinginan memiliki barang-barang yang dipamerkan di toko
tersebut, setelah masuk ke toko, kemudian melakukan pembelian. Sebuah display
diharapkan dapat memicu emosional terhadap sekilas pandang. Desain produk yang
tertangkap langsung dari luar, dapat membangun kesan pertama yang memancing
orang untuk masuk ke dalam toko tersebut.
Selain tujuan yang telah diterangkan di atas penataan produk
juga memiliki beberapa fungsi, yaitu :
a. Menciptakan citra niaga/store image
b. Meningkatkan pembeli
c. Memperkenalkan barang baru
d. Meningkatkan keuntungan.
F. Klasifikasi Produk Dalam Display
Makna
produk,menurut J.Santon,adalah suatu sifat yang kompleks,baik dapat di raba
maupun tidak dapat di raba,termasuk bungkus,warna,harga,prestise perusahaan dan
pengecer,serta pelayanan perusahaan yang di terima oleh pembeli untuk memuaskan
keinginan atau kebutuhannya. Barang barang tersebut di kelompokkan menjadi dua
yaitu:
a. Kelompok
barang berdasarkan kepuasan dan kesejahteraan konsumen jangka panjang.
Solutary product(barang yang
bermanfaat), Solutary
product yaitu barang-barang yang mempunyai daya tarik sangat rendah tapi bermanfaat sangat tinggi pada
konsumen dalam jangka panjang.contoh:detergen dengan fosfat yang sangat rendah.
b. Deficient product(barang yang kurang
sempurna),
Deficient
product yaitu barang – barang yang tidak mempunyai manfaat tinggi tetapi tetap
mempunyai manfaat bagi konsumen. Contoh : obat-obatan yang rasanya pahit tetapi
tetap manjur mengobati penyakit.
c. Pressing product ( barang yang
sifatnya menyenangkan )
Pressing
product yaitu barang-barang yang segera memberikan kepuasan pada si pembeli
akan tetapi dapat berakibat sangat buruk bagi para pemakai barang tersebut.
Contoh : rokok, minuman keras dll.
d. Desirable product ( barang yang
sangat diperlukan)
Desirable
product yaitu barang yang dapat memberikan kepuasan dengan segera dan dapat
bermanfaat bagi kehidupan manusia. Contoh: makanan dan minuman yang bergizi.
G. Syarat – syarat Penataan
Produk ( Display )
Menyusun
barang dagangan juga merupakan salah satu hal yang tidak kalah pentingnya,
karena ini merupakan kesan pertama dari pengunjung toko tersebut, oleh
karena itu barang-barang dagangan yang dipajang didalam ruangan toko
maupun di etalase harus ditata sedemikian rupa sehingga kelihatan rapi,
serasi dan menarik bagi setiap orang terutama calon pembeli,untuk penataan
barang-barang ini diperlukan keahlian khusus, kreasi dan seni yang tinggi
jadi tidak setiap orang bisa menata sendiri,agar penataan terlihat menarik,
perlu menyewa orang-orang yang ahli dalam dekorasi dalam penataan
barang/pemajangan, dengan harapan, hal ini bisa dipakai sebagai dasar
atau contoh atau acuan untuk penataan berikutnya, penataan
barang sebaiknya setiap saat diubah agar tidak membosankan dan
disesuaikan dengan keadaannya, hal yang perlu diperhatikan ialah
bagaimana bentuk, warna, ukuran, tempat dan perlengkapan-perlengkapan
lainnya itu dipadukan sehingga penataan barang-barang itu kelihatan rapi
dan menarik, yang pada akhirnya akan bisa menarik
pengunjung/calon pembeli/pelanggan tertarik untuk memiliki barang-barang
tersebut. Pemajangan barang dagangan adalah seni (applied art) dan merupakan unsure promosi yang cepat
berkembang serta merupakan unsur yang dirasakan sangat penting ,terutama
dilihat dari fungsinya yaitu untuk memperkenalkan barang dagangan ,untuk
menarik perhatian pengunjung
dan untuk melihat dan memegang
barang dagangan yang kita pajang .
Menata
barang dagangan (Display) harus
dilengkapi dengan informasi keadaan toko dan barang yang dijualnya, hal
ini dimaksudkan agar calon pembeli lebih mengenal barang dan semakin besar
peminat untuk mengadakan transaksi. Semakin banyak barang yang
ditampilkan ,semakin mudah pula calon pembeli menentukan pilihannya, oleh
karena itu display harus disajikan berdasarkan sudut pandang pembeli.
Selain menata barang dagangan, yang perlu diperhatikan juga adalah
penataan ruangan toko (lay out) sebagai sarana strategis yang dapat
dimanfaatkan dengan efektif untuk ditata apik sehingga memberikan ruang
gerak yang bebas bagi calon pembeli, dengan ruang gerak yang bebas,
calon pembeli merasakan kenikmatan dalam berbelanja,disisi lain toko
juga harus memberikan kemudahan calon pembeli untuk memilih
barang barang yang dibutuhkannya,maka letakkanlah barang dengan
posisi mudah dilihat dan dijangkau.
Ada
beberapa hal penting yang harus diperhatikan para peritel dalam melakukan
display, yang seharusnya mengacu pada “logika” konsumen. Logika konsumen
dapat dikatakan sebagai segala sesuatu yang meliputi cara berpikir,
kebiasaan atau kecenderungan psikologis konsumen yang mempengaruhi
perilaku mereka saat berbelanja dan berada di dalam toko. Sebagai contoh,
kebanyakan konsumen yang hal pengaturan display secara keseluruhan, misal,
dalam mensiasati display produk-produk impulse agar lebih efektif.
Pengaturan display yang logis menuju pada keinginan pembeli untuk mengambil
barang dengan mempertimbangkan :
Ø Produk yang tepat ( cocok )
Ø Tempat yang benar
Ø Saat yang pas
Ø Susunan yang memikat
Ø Harga yang menarik.
Syarat Display Yang Baik
Disamping mengacu pada logika
konsumen dalam menjalan kanaktivitas display, para peritel juga harus
memperhatikan aspek-aspek penting lainnya yang merupakan syarat dalam
mewujudkan display yang baik, yaitu;
a.
Display harus bersih dan rapi. Kerapian dan kebersihan
barabg maupun tempat pajang sangat penting untuk menarik minatt pembeli supaya
bersedia untuk melihat dari dekat produk yang ditawarkan.
b.
Display harus mampu membuat barang-barang yang di
pajang menjadi mudah dilihat, mudah dicari dan mudah dijangkau.
Ketiga hal ini merupakan syarat mutlak yang harus mampu
diwujudkan oleh aktivitas display. Jika tidak, display yang menarik dan
seatraktif apapun akan menjadi sia – sia.
c.
Display harus memperhatikan aspek keamanan,baik
keamanan bagi pengelola toko dari potensi-potensi kehilangan,
maupun keamanan bagi pengunjung (konsumen) yang berada di
dalam toko,berkaitan dengan aspek keamanan ini, para peritel
biasanya tidak akan menempatkan barang-barang yang mudah pecah
di sembarang rak. barang-barang yang mahal, terutama yang
fisik ukurannya kecil biasanya di pajang di etalase.
barang-barang kemasan kaleng yang cukup berat juga biasanya ditempatkan
pada shelve paling bawah untuk menghindari resiko timbulnya cidera
bagi pengunjung (terutama anak-anak) jika barang tersebut terjatuh.
d.
Display yang dilakukan oleh peritel harus informative
dan komunikatif, para peritel dapat memanfaatkan alat alat bantu
seperti shelf talker, standing poster, signage dan jenis-jenis point
of purchase (POP) materials yang lain.
e. Display harus terlihat menarik dan
member kesan yang berbeda pada pengunjung toko. Menarik mencangkup perpaduan
warna, bentuk kemasan, kegunaan barang, serta adanya tema atau tujuan yang pada
akhirnya bermuara pada suasa belanja pengunjung.
SOP
( Standart Operating Procedure) Penataan
Produk Dari Suatu Perusahaan
SOP
penataan produk adalah langkah-langkah yang harus ditempuh pada penataan produk
yang dijadikan acuan (standart) dalam penataan untuk menarik perhatian konsumen
untuk keputusan membeli. Perlengkapan-perlengkapan yang dibutuhkan untuk menata
produk antara lain :
a. Labelling, dilakukan untuk membantu
memperlancar operasional dalam memproduksi suatu barang. Ketentuan label memuat
informasi tentang : tanggal receiving, kode barang ,kode supplier, bar code,
harga jual (tidak selalu ada), memeriksa kesesuaian antara brand (merk)
,article (type),size(ukuran)
b. Penggunaan ruangan
Ø Kategori produk : terdiri atas
berbagai macam penggolongan produk .
Ø Ukuran kemasan : dalam
pen-display-an harus memperhatikan factor keamanan apabila produk itu riskan
atau mudah bocor.
Hal-hal
yang harus dilakukan dan dijalankan dalam penataan produk :
Ø Produk ditempatkan dalam kategorinya
Ø Facing /jumlah tier produk sesuai
dengan market share
Ø Pengaturan secara horizontal atau
vertical untuk masing-masing jenis brand.
Ø Pengaturan produk sesuai dengan arah
lalu lintas pengunjung .
Ø Rotasi produk FIFO (First In
First Out) artinya dalam persediaan barang produk yang pertama masuk ,barang
itulah yang pertama dikeluarkan ,perhatikan expire date-nya.
Ada lima cara pen-Display-an sebagai contoh pedoman penataan
produk, antara lain:
Ø Letakkan barang sesuai ukuran besar
atau berkesan berat di bawah dan barang ukuran kecil berkesan lebih ringan di
atas.
Ø Usahakan untuk memperoleh tinggi
barang yang sama
Ø Facing suatu produk menghadap ke
depan
Ø Usahakan tinggi tiap jalur sama (top
sky line)
Ø Gunakan eye technique cathing dan
colour breaking , yang mempunyai tujuan memajangkan barang agar ada perhatian
dari konsumen .
Pen-display-an
yang baik ,teliti, dan teratur, akan memberikan lima kemudahan yang baik bagi
konsumen maupun pihak perusahaan yaitu:
·
Mudah dimengerti
·
Mudah dilihat
·
Mudah memilih
·
Mudah diambil dan diletakkan kembali dan
·
Mudah dirapikan
Selain itu
display juga memiliki beberpa manfaat yaitu:
·
Meningkatkan penjualan
·
Meningkatkan store image
·
Meminimum out of stock( barang yang kosong),
·
Mengidentifikasi laku tidaknya suatu produk.
LATIHAN SOAL
1.
Apakah yang dimaksud dengan penataan produk?
2.
Sebutkan syarat display yang baik!
3.
Menata barang dagangan harus dilengkapi dengan informasi toko
dan barang yang di jual, jelaskan maksudnya!
4.
Salah satu pengetahuan dasar klasifikasi produk adalah
pengenalan komposisi warna, jelaskan pengaturan komposisi warna khususnya pada
produk Food and Drink, serta kemukakan alas an mengapa pengetahuan tentang
warna itu penting?
5.
Jelaskan tentang label!
6.
Bagaimana SOP display yang benar ?
7.
Jelaskan perbedaan antara open display dan close display!
8.
Jelaskan tentang hal-hal yang harus dilakukan dan dijalankan
dalam penataan produk!
9. Jelaskan Tujuan dan Fungsi Penataan Produk!
10.
Jelaskan hubungan antara aplikasi display yang baik dengan
kemajuan suatu perusahaan retail!
Halo..
BalasHapusTerimakasih atan postingan anda yang sangat membantu kita-kita #ucapandaribanyakorangnih
SOP produk Drink ?
BalasHapusmantull nih min
BalasHapusMesin pembersih pcb
Kereen
BalasHapus